Jumat, 20 April 2012

TUGAS 1 BIOMOL (Perbedaan sel hewan dan Sel Tumbuhan)


SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN

Berbeda dengan sel hewan, sel tumbuhan memiliki beberapa kekhususna yang tidak ditemukan pada sel hewan. Jika kamu perhatikan beberapa jenis hewan, baik invertebrate namun vertebrata dapat melakukan pergerakan untuk berp[indah-pindah dari tempat satu ke tempat lainnya. Seekor harimau dengan sangat lentur berlari kencang mengejar mangsanya. Hal tersebut karena struktur satuan penyususn jaringan tubuhnya tidak kaku (http://hewan_Perbedaan_Sel_Tumbuhan_Dan_Hewan_11.1.htm).

Tumbuhan sama sekali tidak mapu melakukan pergerakan dan bersifat menetap serta kaku. Perbedaan ini jelas menggambarkan bahwa penyususn sel pada tumbuhan berbeda dengan penyususn sel pada hewan, tumbuhan mampu menghasilkan atau mensintesis makanan sendiri, sedangkan hewan sama sekali tidak mampu. Hal ini membuktikan bahwa komponen sel tumbuhan berbeda dengan (http://hewan_Perbedaan_Sel_Tumbuhan_Dan_Hewan_11.1.htm).

Perbedaan antara sel dan hewan dari struktur penyususnnya:

a.       Membran sel (http:// Sel_(biologi).htm).

Membran sel terdiri dari lapisan ganda fosfolipid dan berbagai protein, yang membatasi sel disebut sebagai membran plasma dan berfungsi sebagai rintangan selektif yang memungkinkan aliran oksigen, nutrien, dan limbah yang cukup untuk melayani seluruh volume sel.  Membran sel juga berperan dalam sintesis ATP, pensinyalan sel, dan adhesi sel.

Membran sel berupa lapisan sangat tipis yang terbentuk dari molekul lipid dan protein. Membran sel bersifat dinamik dan kebanyakan molekulnya dapat bergerak di sepanjang bidang membran. Molekul lipid membran tersusun dalam dua lapis dengan tebal sekitar 5 nm yang menjadi penghalang bagi kebanyakan molekul hidrofilik. Molekul-molekul protein yang menembus lapisan ganda lipid tersebut berperan dalam hampir semua fungsi lain membran, misalnya mengangkut molekul tertentu melewati membran. Ada pula protein yang menjadi pengait struktural ke sel lain, atau menjadi reseptor yang mendeteksi dan menyalurkan sinyal kimiawi dalam lingkungan sel. Diperkirakan bahwa sekitar 30% protein yang dapat disintesis sel hewan merupakan protein membran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar